Selamat Datang di Website Resmi Desa Sumberjo Kec. Sutojayan

POSYANDU

Desa Sumberjo memiliki kegiatan dalam bidang kesehatan yang digunakan sebagai sarana deteksi dini pennyakit, pencegahan penyakit dan menjaga kebugaran tubuh. Salah satu program tersebut yaitu posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) Balita dan Lansia. Posyandu di Desa Sumberjo Kecamatan Sutojayan, diadakan setiap satu bulan sekali, yaitu setiap tanggal 15 untuk posyandu balita dan tanggal 16 untuk posyandu lansia. Apablia terdapat perubahan jadwal dikarenakan hari libur atau hal lain, maka akan diumumkan melalui pesan atau surat tertulis.

Tempat pelaksanaan pelayanan program terpadu di Kantor Desa Sumberjo. Konsep Posyandu berkaitan erat dengan keterpaduan meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, aspek petugas penyelenggara, aspek dana dan lain sebagainya.

Posyandu balita diadakan pemeriksaan berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, pemeriksaan perkembangan KMS dan pemberian makanan tambahan seperti bubur kacang hijau. Sedangkan, pada Posyandu lansia diadakan pemeriksaan berat badan dan tekanan darah.

Tujuan Posyandu
Tujuan posyandu antara lain :

  • Menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas.
  • Membudayakan NKBS
  • Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera.
  • Berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera.

Kegiatan Pokok Posyandu

a.  Perbaikan gizi
Kader Posyandu dan petugas kesehatan yang terkait bertugas melakukan perbaikan gizi berdasarkan hasil pencatatan di Kartu Menuju Sehat (KMS) Bayi, Balita dan ibu hamil berupa penyuluhan tentang tumbuh kembang balita, makanan sehat, kurang darah (anemia), Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY), Vitamin A, pemanfaatan pekarangan, dan penyuluhan pemberian makanan tambahn (PMT) dan pemberian Vitamin A dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi yang membutuhkan

b. Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)
Kader dan petugas kesehatan bertugas melakukan pemantauan kesehatan terhadap kehamilan, kelahiran dan tumbuh kembang balita melalui buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) serta memberikan pelayanan kesehatan berupa imunisasi, pemberian tablet zat besi, vitamin A, pemeriksaan kehamilan, penyuluhan dan pelayanan kesehatan lain sesuai masalah yang tengah dihadapi di masyarakat khususnya kesehatan ibu dan anak

c. Keluarga Berencana (KB)
Tugas Kader dan petugas kesehatan adalah memberikan penyuluhan mengenai KB kepada masyarakat dan memberikan pelayanan KB berupa pemberian pil maupun suntikan serta konseling KB

d. Imunisasi
Kader Posyandu bertugas untuk mengajak masyarakat yang memiliki atau yang termasuk sasaran dari imunisasi untuk ke posyandu dan memberikan peyuluhan mengenai imunisasi sedangkan mengenai pemberian imunisasi dilakukan oleh petugas kesehatan. Pemantauan imunisasi harus dilakukan oleh semua petugas baik pimpinan program, supervisor dan petugas vaksinasi

e. Penanggulangan penyakit Diare (P2 Diare)
Menurut Depkes RI (2006) bahwa kader dan petugas kesehatan bertugas untuk memberikan penyuluhan mengenai diare terutama tentang penggunaan oralit dan larutan gula garam dan pelayanan pemberian bubuk Oralit bagi yang mengalami diare.

Support by blitar berdaya @2018

Open chat
Anda Butuh Bantuan?